Dangkalan Sunda

Kepulauan

Seascape

Lokasi Konservasi

Lanskap
Hutan

Spesies

PENYU

Paparan Sunda berada di antara wilayah perairan dangkal terbesar di dunia. Wilayah ini berfungsi sebagai area penting untuk perpindahan dan migrasi berbagai jenis satwa di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Kawasan ekologi ini juga menjadi lahan sumber makanan bagi Penyu Hijau, Penyu Sisik, dan Penyu Belimbing. Kawasan ini juga menjadi koridor migrasi dan koridor migrasi pasca bertelur bagi ketiga jenis Penyu tersebut. Kawasan ini selanjutnya berfungsi sebagai habitat penting bagi berbagai spesies Lumba-Lumba pesisir yang populasinya terus menurun di seluruh Asia. Kawasan ini memiliki sebaran hutan bakau yang signifikan secara regional, dan berbagai jenis burung yang bermigrasi di sepanjang pesisir timur Sumatera menggunakan Paparan Sunda/Laut Jawa sebagai rute migrasi yang penting. Meskipun tidak memiliki keanekaragaman fauna karang, namun kawasan ekologi ini memiliki keanekaragaman yang tinggi pada fauna subtidal.

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Perkemahan Pramuka "Turtle Hero" Indonesia-Malaysia

Pramuka Sambas laksanakan Perkemahan Pramuka Penegak Pandega “Turtle Hero—World Scout Environment Programme (WSEP)”.

SMPN 25 Satu Atap Kaur Mengenal Harimau Sumatera Lebih Dekat

Dalam rangka meningkatkan kesadaran generasi muda tentang kelestarian Harimau Sumatera, WWF-Indonesia melakukan edukasi di SMPN 25 Satu Atap, Kaur.

Jadi Bagian dari Pengelolaan Hiu dan Pari? Siapa Takut!

Sobat, tahukah kamu jumlah hiu dan pari saat ini di lautan?

Jaksa Peduli Satwa: Melindungi Satwa Liar dan Ekosistem

Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi menggelar acara peluncuran "Jaksa Peduli Satwa", program kolaborasi antara Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi dan WWF-Indonesia.

Pelatihan Pengelolaan KKP di Koon

“Katong su tahu dari lama, Bapak Jou tutup perairan Koon untuk dilindungi dan suruh katong yang jaga," ucap Imam, anggota Pokmaswas Leawana.

Belajar Menjadi Pengajar Untuk ESD di Indonesia

Dari pelatihan ini, saya mendapatkan perspektif baru tentang cara mengajar yang hanya di dalam kelas menjadi proses pembelajaran yang menyenangkan.

#SOSHUTAN

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan di Indonesia sejak awal bulan Agustus 2019. Hal ini membuat banyak wilayah di Indonesia dilanda kabut asap. Mari bersama kita selamatkan Indonesia dari kebakaran hutan dan lahan dan juga asap!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email