Dangkalan Sunda

Kepulauan

Seascape

Lokasi Konservasi

Lanskap
Hutan

Spesies

PENYU

Paparan Sunda berada di antara wilayah perairan dangkal terbesar di dunia. Wilayah ini berfungsi sebagai area penting untuk perpindahan dan migrasi berbagai jenis satwa di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Kawasan ekologi ini juga menjadi lahan sumber makanan bagi Penyu Hijau, Penyu Sisik, dan Penyu Belimbing. Kawasan ini juga menjadi koridor migrasi dan koridor migrasi pasca bertelur bagi ketiga jenis Penyu tersebut. Kawasan ini selanjutnya berfungsi sebagai habitat penting bagi berbagai spesies Lumba-Lumba pesisir yang populasinya terus menurun di seluruh Asia. Kawasan ini memiliki sebaran hutan bakau yang signifikan secara regional, dan berbagai jenis burung yang bermigrasi di sepanjang pesisir timur Sumatera menggunakan Paparan Sunda/Laut Jawa sebagai rute migrasi yang penting. Meskipun tidak memiliki keanekaragaman fauna karang, namun kawasan ekologi ini memiliki keanekaragaman yang tinggi pada fauna subtidal.

Spesies

BERITA & CERITA TERKAIT

Pernyataan WWF-Indonesia terkait Perjanjian Kerja Sama dengan KLHK

Pernyataan resmi WWF-Indonesia terkait Perjanjian Kerja Sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Environmental and Social Management Framework

ESMF dipersiapkan untuk mengidentifikasi, menghindari, mengurangi, dan memitigasi risiko dampak sosial dan lingkungan dari program pelestarian di TNBBS.

Menjadi Volunteer

Menjadi seorang volunteer tidaklah mudah.

Panduan Produk Berbahan Dasar Kayu

Dengan adanya panduan ini, diharapkan konsumen dapat mengetahui, memahami, dan mengalihkan pilihannya pada produk yang telah bersertifikasi.

WWF-Indonesia dan FWD Life dalam Merestorasi Lahan di Indonesia

PT FWD Life Indonesia mengumumkan kerja samanya dengan WWF-Indonesia untuk kampanye Go Green dalam mendukung kelestarian lingkungan.

Perempuan Sorong Selatan Ciptakan Produk Olahan Kepala Udang

#SOSHUTAN

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah daerah di Sumatera dan Kalimantan di Indonesia sejak awal bulan Agustus 2019. Hal ini membuat banyak wilayah di Indonesia dilanda kabut asap. Mari bersama kita selamatkan Indonesia dari kebakaran hutan dan lahan dan juga asap!

Donasi Sekarang

Get the latest conservation news with email