Laporan Tahunan WWF-INDONESIA 2018-2019

Konservasi dan pelestarian keanekaragaman hayati adalah tindakan yang sama, yaitu menyelamatkan kehidupan di muka Bumi dalam segala bentuknya, sekaligus menjaga fungsi ekosistem alami sebagai sumber kehidupan dan bagian dari identitas budaya.

Sama halnya dengan konservasi dan keanekaragaman hayati itu sendiri, kerja kami bergantung pada kemitraan kolaboratif. Kolaborasi antara kami dan para mitra, aliansi penting, kelompok kerja, dan pemimpin masyarakat setempat telah berhasil memengaruhi upaya konservasi di tingkat nasional dan dunia, serta menjadi kunci keberhasilan proyek konservasi yang kami lakukan.

Kami juga turut serta dalam gerakan yang lebih inklusif, yaitu mendukung kesetaraan perempuan dalam etika konservasi yang sangat beragam pandangannya mengenai jenis kelamin, budaya, dan usia. Untuk menanggapi dan mendengungkan pandangan dan nilai-nilai ini, kami terus berupaya mendorong diri dan orang lain untuk melakukan pelestarian dengan pendekatan yang lebih menyeluruh dengan membayangkan masa depan konservasi.



Laporan Tahunan WWF-INDONESIA 2017-2018

Perubahan lingkungan membuat WWF juga harus berubah agar tetap relevan dan tetap terhubung dengan upaya konservasi lainnya. Tentu saja perubahan yang dibuat telah melalui proses perencanaan yang matang, memperhitungkan segala konsekuensi, dan tetap membuka peluang bermitra dengan pihak-pihak lain. Karena itu, fokus kerja WWF tetap berbasis ilmiah dan berdampak positif pada konservasi dan keuntungan komunitas di lokasi tempat kami bekerja, juga menginspirasi mereka untuk mencapai kehidupan dan lingkungan yang lebih baik.

Perubahan ini juga menguatkan karakter dan posisi organisasi kami di mata mitra, serta menegaskan sikap kami sebagai sebuah organisasi konservasi. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam perubahan ini, antara lain bagaimana mengukur dampak konservasi untuk menentukan keberhasilan sebuah upaya, karena WWF bukan hanya melindungi spesies langka, tapi secara ideologi WWF-Indonesia bekerja untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan manusia dan alam, demi keberlanjutan sumber daya untuk generasi-generasi mendatang.

Sebagai pertanggungjawaban kami kepada publik, kami persembahkan Laporan Tahunan terbaru, yang memaparkan capaian-capaian kami bersama mitra-mitra dalam melakukan upaya konservasi yang berdampak.


Get the latest conservation news with email