KEBIJAKAN SOSIAL

Kegiatan konservasi dan pengelolaan sumber daya alam, sering dihadapkan pada kutub “pro-manusia” dan “pro-lingkungan”. WWF-Indonesia mencoba menselaraskan keduanya, dan mencari solusi terbaik agar pengelolaan sumber daya alam dapat memberikan manfaat yang adil dan berjangka panjang bagi semua pihak. Bekerja dengan masyarakat adat dan komunitas lokal adalah inti dari misi WWF-Indonesia untuk menciptakan masa depan di mana manusia dan alam dapat hidup dan berkembang dengan selaras dan harmoni.

Strategi konservasi WWF-Indonesia harus terintegrasi dengan kearifan dan budaya masyarakat adat dan masyarakat lokal, menghargai Hak Asasi Manusia, memahami kondisi sosial, dan bersinergi dengan strategi pembangunan ekonomi. Kami menyakini bahwa upaya konservasi tidak akan berhasil jika hak, peran dan kontribusi masyarakat tidak diakui, dan masyarakat, baik pria maupun perempuan, tidak dilibatkan dalam pengambilan keputusan tentang konservasi dan pengelolaan sumber daya alam.

Untuk menjadi bagian dari gerakan sosial-ekologi yang efektif dan inklusif maka WWF-Indonesia berkomitmen untuk:

  • Menghargai dan mempromosikan hak masyarakat adat dan masyarakat lokal,
  • Menghormati dan mempromosikan kesetaraan jender dan hak generasi mendatang.
  • Memperdalam pemahaman dan perencanaan konservasi yang berdasarkan pertimbangan pemenuhan hak-hak dasar di bidang sosial, ekonomi, dan budaya.
  • Menjaga dan menghormati kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat adat dan masyarakat lokal kepada WWF-Indonesia
  • Menegaskan peranan WWF-Indonesia sebagai bagian dari masyarakat sipil yang pro-aktif bekerjasama dengan organisasi masyarakat sipil lainnya, untuk tujuan konservasi, tata kelola sumber daya alam yang adil dan pembangunan berkelanjutan
  • Meningkatkan akuntabilitas kebijakan sosialnya agar setiap kegiatan dan interaksi WWF-Indonesia dengan masyarakat adat dan komunitas lokal didasari pada prinsip social dan hak asasi manusia.

Dengan dasar komitmen tersebut, WWF-Indonesia menyediakan media SALURAN SUARA ANDA sebagai sebuah wadah bagi masyarakat adat dan masyarakat lokal untuk dapat menyampaikan pendapat, keluhan ataupun informasi terkait kegiatan WWF-Indonesia yang dianggap tidak sesuai prinsip sosial yang diyakini oleh WWF-Indonesia.

Salurkan suara Anda melalui [email protected]

Atau kirimkan ke alamat berikut:  


SALURAN SUARA ANDA

Yayasan WWF Indonesia

Gedung Graha Simatupang Tower 2 Unit C Lantai 7

Jl. TB. Simatupang Kav.38

Jakarta Selatan - 12540


LAMPIRAN



CCAs-Position Paper 2010



 

CIHR Framework Feb 2010



 

Masyarakat Hukum Adat dan Konservasi



 

Pemanfaatan Tradisional Position



 

WWF Gender Policy 



 

CE Principal Books

 


Form
Pengaduan
Kebijakan
Sosial

1. Nama Lengkap

2. Nomor Ponsel

3. Email

4. Uraian Keluhan

Keluhan yang Anda kirimkan akan ditampung dan diproses oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi


Get the latest conservation news with email

iv class="col-md-6 align-right">